Senin, 29 Oktober 2012

PENGERTIAN SPA

PENGERTIAN SPA

Setiap kali mendengar kata ‘SPA’, yang ada adi benak Anda pastilah memanjakan diri bak RATU, melemaskan otot-otot tubuh yang tegang, sekaligus menghilangkan stress. Seperti yang selama ini kita ketahui, Spa adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan air. Gunanya untuk menyegarkan pikiran dan menyehatkan tubuh.
Arti sebenarnya dari kata ‘SPA’ itu sendiri adalah, kata ‘SPA’ berasal dari bahasa latin : Sante Par Aqua atau Solus per Aqua. Keduanya memiliki arti yang sama, yaitu : Sehat Melalui Air. Tapi istilah ‘SPA’ sering dikaitkan dengan kata ‘SPAU’ yang merupakan nama sebuah desa di dekat Liegi, Belgia. Di daerah itu terdapat sebuah sumber air mineral yang dapat menyembuhkan berbagai masalah kulit. (louise jumarani,Dipl.CIDESCO).
Dari tahun ke tahun perkembangan dunia spa semakin pesat, dan tentunya Indonesia yang memiliki berbagai macam keunikan tanaman dan budaya tidak mau ketinggalan, bahkan saat ini spa ala Indonesia sudah mendunia. Banyak turis asing yang berburu spa di Indonesia khususnya di Jakarta dan Bali. Disana turis Asing dimanjakan bak Raja dan Ratu, yang belum tentu bias didapatkan dengan berspa di negerinya sendiri. Ini karena spa tradisional Indonesia dengan spa international memiliki beberapa perbedaan.


Manfaat spa.  Selama ini, Spa seringkali diartikan sebagai perawatan tubuh yang berupa pijat atau massage. Pengertian Spa sebenarnya adalah tempat dimana orang dapat memperoleh perawatan-perawatan untuk badan, dari ujung rambut sampai ujung kaki. Perawatan tersebut terdiri dari creambath, facial, manicure-pedicure, lulur, scrub, foot spa, sauna, dan body treatment hanyalah merupakan salah satunya. 
Mencegah penyakit Dalam pengertian yang luas, menghilangkan kepenatan dan perawatan kecantikan memang merupakan bagian dari manfaat kesehatan Spa. Namun, ada juga manfaat kesehatan yang lebih khusus dari spa, seperti untuk memeperlancar peredaran darah dan mencegah berbagai penyakit. Pencegahan penyakit ini salah satunya dapat dilakukan dengan sauna, dimana cairan racun yang dapat menyebabkan penyakit dikeluarkan bersama dengan keringat, sehingga setelah sauna badan menjadi lebih segar.
Menghilangkan sakit otot dan persendian akibat stress.  Stress menjadi persoalan kesehatan yang sering menyerang masyarakat perkotaan. Untuk menghilangkannya dapat dilakukan dengan cara relaksasi. Aromatherapy massage dapat memberikan relaksasi dengan menggunakan campuran minyak khusus yang juga bermanfaat untuk refreshing, penghangatan, melegakan pernafasan dan penenangan diri.
Bukan monopoli kalangan atas Banyak pandangan yang mengatakan bahwa Spa hanya diperuntukkan bagi kalangan kelas menengah ke atas. Namun, sebenarnya semua orang yang ingin menghilangkan pegal atau penat, merawat rambut atau wajah, melancarkan peredaran darah, dapat pergi ke Spa yang kini menyediakan fasilitas modern dengan tarif yang terjangkau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar